Sunday 22 April 2018

Siapakah Perintis Jalan Trans Papua?


Oleh Eny Wijayanti

Maaf mungkin Banyak sekali Rakyat Indonesia yang belum paham cerita ini. Maklum karena sangat kuatnya pencitraan terhadap penguasa selama 4 Tahun terakhir ini.

Baiklah Kita URAIKAN saja ceritanya biar rakyat tidak mendapat Info Hoax yang berkelanjutan.

-----

PENCIPTA JALAN TRANS PAPUA: PROF. BJ HABIBIE

Jalan Trans Papua panjangnya 4.330,07 kilometer. Dijadwalkan selesai di tahun 2019 .

Jalan raya ini dibangun sejak pemerintahan Presiden BJ Habibie, dan dilanjutkan oleh presiden Megawati dan berikutnya dilanjutkan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Infrastruktur ini akan menyambung dari Sorong di Provinsi Papua Barat, hingga Merauke di Provinsi Papua.

Total panjang Jalan Trans Papua di Provinsi Papua sekitar 3.259, km, sedangkan yang di Provinsi Papua Barat panjangnya sekitar 1.071 km.

Sejak masa jabatan Presiden SBY berakhir, Jalan Trans Papua ini wajib diteruskan oleh presiden berikutnya. Ini adalah suatu kewajiban bagi para presiden, atau bukan tugas namun diharuskan.

Sebab jalan tersebut harus selesai dengan tepat waktu yang telah ditentukan.

Dari total panjang jalan tersebut, ada 231,27 km jalan baru yang dibangun di 2016. Sehingga total Trans Papua yang tembus hingga saat ini sebesar 3.851,93 km, dan yang belum tembus hanya sepanjang 479 km saja.

Tugas untuk presiden Jokowi, hanya melanjutkan jalan yang belum diselesaikan oleh para presiden terdahulu. Jokowi tinggal menyelesaikan sisa jalan tersebut yang belum rampung sekitar sepanjang 479 kilometer saja.

Hal ini bukan disebut sebagai proyek mangkrak karena masa tugas sang presiden telah berakhir.

Untuk tahun ini, ditargetkan 143,35 km jalan baru akan dibangun. Sehingga total yang akan tembus menjadi 3.995,28 km. Ini berarti sisa jalan yang belum tembus sepanjang 334,79 km akan dirampungkan hingga 2019.

Apabila Presiden Jokowi tidak berhasil merampungkan sisa pembangunan Jalan Trans Papua ini, maka negara akan menilai Jokowi sebagai presiden yang tidak becus.

Bayangkan, masa sih Jokowi tidak berhasil membangun jalan raya sepanjang 335 kilometer dalam tempo 5 tahun? Pakai pencitraan, seolah olah hasil karyanya .

Bayangkan.. Presiden BJ Habibie dan Presiden SBY sudah mampu menyelesaikan Jalan Trans Papua sekitar sepanjang 3995 km. Tanpa pencitraan.

Fakta Kini

Kabar Jitu

*Tulisan telah disunting terbatas hanya pada ejaan dan tata bahasa.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat!