Friday 21 October 2011

Chavez: Kematian Khaddafi sebagai "martir"

Chavez  menyematkan medali Ordo Pembebas kepada Khddafi , kehormatan tertinggi Venezuela, pada tahun 2009. (Juan Barreto / AFP / Getty Images)

Caracas, Venezuela - Salah satu dari beberapa teman Muammar Khaddafi di panggung internasional mengatakan bahwa mantan pemimpin Libya akan dikenang "sebagai pejuang besar, revolusioner dan martir."

Presiden Venezuela Hugo Chavez menggambarkan gugurnya Khaddafi sebagai "pembunuhan," sebelum menghantam AS dan sekutunya. "Kisah di Libya baru saja dimulai," kata Chavez. "Kerajaan Yankee (Amerika Serikat) tidak dapat menguasai dunia. Yang terburuk adalah bahwa dalam upaya mereka untuk mendominasi dunia, kerajaan dan sekutu-sekutunya terbakar. "

Chavez tiba kembali di Venezuela hari ini setelah uji medis di Kuba, yang ia klaim telah memberinya semua jelas. "Saya bebas dari penyakit," Presiden tersebut percaya diri dengan menyatakan "Chavez kembali!"



Chavez akan melihat ke depan untuk pemilihan presiden Oktober mendatang dan beretorika tidak akan ragu kembali ke kemegahan sebelumnya. Hanya hari ini, pada ziarah ke kuil Katolik, Chavez mengatakan: "Ini akan lebih mudah bagi seekor keledai untuk melewati lubang jarum daripada oposisi untuk memenangkan pemilu."



Retorika bullish menggenjot produksinya juga akan terus dalam vena anti-Amerika. Chavez adalah teman baik untuk Gaddafi ketika sebagian besar dunia diasingkan pemimpin Libya. Dia telah berbicara menentang keterlibatan AS di negara Afrika di masa lalu, mencela para pemberontak sebagai "teroris" dan menggambarkan Khaddafi sebagai "pembebas Libya."


Chavez juga mengatakan bahwa ia percaya bahwa tujuan tunggal pemboman NATO di negara Libya itu untuk merebut kekayaan minyaknya. "Ini adalah alasan untuk campur tangan dan merebut negara dan kekayaannya," kata Chavez. "Kami tahu apa yang akan terjadi: bom, bom, perang, lebih banyak penderitaan bagi rakyat. Ini adalah tangan kapitalisme, seraya "menambahkan bahwa AS" tidak peduli dengan kehidupan rakyat Libya. "


Dengan cadangan terbesar minyak dunia milik sendiri (Venezuela), Chavez telah menyatakan keprihatinan bahwa Venezuela mungkin berikutnya. "Mereka lebih baik tidak mencoba untuk menerapkan rumus Libya ke Venezuela atau kita akan harus menunjukkan kepada mereka kekuatan kita."


0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat!