Minggu, 24 Juli 2011

Tips Menghindari Flu

Terbaring sakit. ilustrasi: batukpilek.com

Flu memang selalu menyusahkan. Sebab flu datang secara sendiri, melainkan seringkali datang bersama demam dan sakit kepala. Kadang juga disertai bersin dan pilek.

Berikut beberapa upaya agar flu tidak mudah datang menjangkiti tubuh:

  1. Jaga stamina. Tubuh yang sehat dan  pikiran tenang merupakan benteng utama untuk menangkis serangan flu. Tidur yang cukup dan berkualitas serta olahraga ringan secara teratur.
  2. Cuci tangan sebelum makan. Kebanyakan penularan virus terjadi karena kontak tangan. Cucilah tangan setiap kali berkunjung ke tempat umum seperti pasar atau setelah menyentuh benda-benda kotor berdebu. Biasakan mencuci tangan dengan air bersih mengalir paling tidak selama 15 detik, lebih baik lagi jika memakai sabun antiseptik.
  3. Cukup minum. Usahakan minum air putih dalam jumlah cukup minimal 2 liter per hari. Minum air putih bukan saja akan menggantikan cairan tubuh yang terkuras, tetapi juga bisa meluruhkan racun-racun di dalam lambung.
  4. Perbanyaklah Asupan Makanan Bergizi dan Nutrisi. Makanlah buah segar atau boleh juga dibuat jus. Selain menyegarkan, buah-buahan juga berlimpah vitamin C serta mengandung betakaroten yang merupakan antioksidan kuat melawan flu. Jangan lupa untuk berhati-hati terhadap buah-buahan import yang mengandung lapisan lilin seperti buah apel. Kikis lapisan lilin tersebut kemudian dicuci bersih atau lebih aman jika dikupas. Meskipun berakibat kehilangan Lactone dari lapisan kulit apel tersebut, tetapi itu adalah lebih baik daripada menelan lilin.
  5. Hindari Makanan Instan. Makanan instan biasanya mengandung zat pengawet yang telah merusak kandungan gizi makanan tersebut. Tentu saja adalah pengecualian untuk makanan olahan secara tradisional seperti tempe atau yogurt. Batasilah pula makanan yang mengandung vetsin atau Monosodium Glutamat.
  6. Biasakan mengonsumsi makanan segar. Tanaman rempah seperti jahe tentu bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Daun pepaya, batang brotowali dan pare juga terbukti dapat meningkatkan imunitas.

Dari perbagai sumber.



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat!

Popular Posts