Minggu, 26 Juni 2011

Iran Peringatkan Tujuan Imperialis Barat


Mahmoud Ahmadinejad


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan, kekuatan hegemoni imperialistik mengejar ambisi mereka dengan dalih membela hak-hak rakyat di kawasan. 

"Semua negara regional perlu berhati-hati agar pemerintah Barat tidak bisa melaksanakan ambisi-ambisi imperialis mereka di kawasan," kata Ahmadinejad dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Oman Yusuf bin Alawi bin Abdullah pada hari Sabtu (25/6).
Pertemuan itu berlangsung di sela-sela Konferensi Internasional tentang perang global melawan terorisme di ibukota Iran, Tehran.
Mengacu pada kerjasama negara regional tertentu dengan tujuan imperialis Barat, Ahmadinejad menegaskan bahwa negara-negara Barat bukan sahabat yang setia dan dapat diandalkan bagi negara-negara kawasan.
"Pemerintah-pemerintah ini harus tahu bahwa cepat atau lambat mereka bisa menjadi mangsa pikiran imperialistis kekuatan hegemoni," tambah Presiden Iran.
Sementara itu, dalam pertemuan dengan Presiden Tajikistan Emomali Rahmon, Ahmadinejad mengatakan perang melawan terorisme membutuhkan solusi internasional.
Menurut Ahmadinejad, negara-negara regional yang memiliki kesamaan kultur dapat memainkan peran efektif dalam pencabutan akar terorisme dan ekstremisme melalui peningkatan maksimal hubungan.
Dalam pertemuan itu, Rahmon mengatakan, kini memerangi terorisme dan ekstrimisme adalah tugas global dan tanggung jawab semua negara di dunia, terutama negara-negara regional.
Dia menambahkan bahwa konferensi Tehran bisa memberikan pola menentukan untuk kerjasama regional dan internasional dalam memerangi terorisme. 

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat!

Popular Posts