Tuesday 18 May 2010

Lagu Kebangsaan Republik Islam Iran



Sorood-e Melli-e Jomhoori-e Eslami
Sar zad az ofoq mehre xåvarån
Foruqe dideye haqbåvarån
Bahman, farre imâne mâst
Payåmat ey Emåm, esteqlâl, âzâdi, naqše jâne måst
Šahidån, pičide dar guše zamân faryådetân
Påyande mâni o jåvedân
Jomhuriye Eslâmiye Irân

Upwards on the horizon rises the Eastern Sun
The light in the eyes of the believers in justice
The Month of Bahman is the brilliance of our faith.
Your message, O Imam, of independence, and freedom,
Is imprinted on our souls
O Martyrs! Your clamours echo in the ears of time:
Enduring, continuing, and eternal,

The Islamic Republic of Iran

Di kaki langit terbit Mentari Timur
Terbitnya agama yang benar.
Bahman - cahaya iman kami.
Seruanmu, Oh Imam, kebebasan dan kemerdekaan
tercatat di jiwa kami.
Oh syuhada! Teriakanmu tergiang di telinga kami.
Kekal, berkelanjutan, selamanya,
Republik Islam Iran.

National Anthem of the Islamic Republic of Iran(SHEET MUSIC).gif

Iran. Dulunya adalah satu imperium besar pada zamannya yang bernama Persia. Peradaban Persia muncul sekitar tahun 3000 SM yang didirikan oleh Cyrus the Great. Kerajaan ini pernah dua disinggung oleh Rasulullah SAW dalam haditsnya. Pertama, ketika Nabi SAW mengirim utusan ke Persia untuk menyanpaikan surat kepada kisra. Oleh kisra, surat Nabi SAW tersebut dikoyak-koyak dan para duta Nabi SAW dibunuh oleh pasukan kisra. Nabi SAW mendo'akan bahwa Allah akan mengoyak-ngoyak kerajaan Persia. Kedua, ketika Persia dipimpin oleh seorang wanita. Rasullah SAW mengatakan bahwa tunggulah kehancurannya yang umat suatu negeri dipimpin oleh seorang perempuan.

Kerajaan Persia jatuh ke tangan Islam sekitar tahun 700 M. Kerajaan Islam Persia diserang oleh pasukan Mongol yang dipimpin oleh Jengis Khan sekitar abad ke-11. Kerajaan Islam Persia sebagai pusat peradaban, sains, arsitektur dan kebudayaan hancur-lebur dalam seketika.

Pada awal abad ke-20, Persia dipimpin oleh Shah Reza Pahlavi setelah sebelumnya terjadi persaingan antara Rusia dan Inggris untuk mengekspansi Iran. Pada Perang Dunia ke-2, Rusia dan Inggris menyerang Iran. Pada 1935, nama Persia berganti menjadi Iran. Setelah itu Shah Reza Pahlavi mengangkat anaknya, Muhammad Reza Pahlavi, menjadi Shah Iran menggantikan dirinya. Pada masa Shah Muhammad Reza Pahlavi ini, konon Iran menjadi negara yang memilki pasukan dan perlengkapan  militer terkuat No. 2 di dunia.

Pada 1979, terjadi Revolusi Iran yang dipimpin oleh Ayatullah Imam Khomeini. Shah Muhammad Reza Pahlavi dan keluarganya melarikan diri ke Mesir, lalu menetap di New York, Amerika Serikat.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat!